Penderitaan yang Diakibatkan Salah Pilih Genteng

On 2018-11-26, in Info, by editor

Tiang memang fondasi penting dalam sebuah bangunan, tapi bukan berarti atap jadi urusan yang sepele. Sayangnya tidak semua orang mementingkan kebutuhan atap pada rumahnya. Yang penting terlindung dari hujan, peran genteng dianggap sesepele itu.

Padahal, untuk mereka yang ingin punya rumah dengan arsitektur keren dan nyaman untuk dihuni, fungsi genteng itu penting banget. Nilai estetika sebuah rumah tidak hanya dilihat dari tembok dan halamannya saja, tapi juga bagian atapnya.

Nah, untuk urusan atap-atapan, tanpa disadari ada hal-hal yang mengganggu tapi dianggap biasa aja oleh kebanyakan orang Indonesia. Apa saja sih?

1. Warna Tidak Senada dengan Cat Tembok

Apapun warna temboknya, pasti gentengnya berwarna bata. Ini sudah jadi pemandangan umum di Indonesia. Padahal warna dari genteng ini belum tentu cocok dengan warna cat tembok yang digunakan. Percayalah, sekeren-kerennya arsitektur eksterior rumah Anda, pasti akan terlihat seperti bangunan tua jika menggunakan genteng jenis ini. Niat hati membuat rumah sekeren imajinasi bisa gagal total karenanya.

2. Kebocoran Setiap Musim Hujan

Perangkat rumah tangga seperti panci, ember, dan penggorengan mendadak jadi dewa penyelamat ketika musim hujan. Sebenarnya bukan konstruksi bangunannya yang salah, tapi penggunaan genteng juga jadi faktor yang penting. Biasanya, genteng yang digunakan oleh kebanyakan rumah itu tidak tahan perubahan cuaca. Material tanah liat yang digunakan membuat genteng akan mudah rapuh dalam hitungan tahun saja, sehingga kebocoran atap tidak bisa dihindari.

3. Siklus Musim Kucing Kawin

Entah kenapa setiap memasuki musim kawin, kucing-kucing liar suka bergerombol di atas genteng. Ajang perebutan betina itu biasanya berakhir dengan pertengkaran di kalangan pejantan. Efek dari pertengkaran para pejantan dan aksi ‘malu-malu kucing’ si betina ternyata menjadi salah satu faktor rusaknya atap rumah karena genteng yang digunakan akan merosot. Ketika genteng-genteng itu sudah renggang dan tidak berada di posisi yang seharusnya, bisa ditebak setiap hujan rumah yang jadi arena perkawinan kucing-kucing itu bakalan kebocoran jika hujan datang.

Lalu bagaimana agar rumah kita tidak mengalami hal-hal di atas? Sebenarnya sih, seperti yang sudah disebutkan di atas, bukan struktur bangunan yang salah. Bukan pula cuaca dan siklus musim kawin kucing-kucing liar di sekitar rumah. Tapi yang jadi masalah besar adalah pemilihan gentengnya, karena saat ini masih banyak orang yang memilih genteng tanah liat sebagai penutup atap rumah. Tidak heran jika genteng jenis ini gampang pecah mirip celengan yang dibanting ketika kita butuh uang dan tidak tahan lama. Apalagi bobotnya juga terbilang berat lho jadi bisa berbahaya untuk konstruksi rumah.

Jadi jika tidak ingin mengalami hal-hal seperti di atas, ganti genteng rumah Anda dengan genteng metal produksi Rainbow. Genteng metal Rainbow sangat ringan, anti bocor dan yang pasti tidak mudah lepas karena disekrup sehingga menjadi satu kesatuan dengan rangka atap rumah. Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang sudah disebutkan di atas lagi. Musim hujan dan kucing kawin? Siapa takut?!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us