Persiapkan Rumah Menyambut Hari Raya Imlek

On 2019-02-04, in Tips, by editor

Tahun baru Imlek merupakan hari besar yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa. Sama seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal, hari raya Imlek ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silahturahmi keluarga, kerabat, dan teman-teman dekat. Dalam rangka mempersiapkan rumah menjelang Imlek, kebanyakan orang pun mulai melakukan persiapan beberapa minggu sebelumnya. Kehadiran pernak-pernik Imlek seperti lampion, tempelan ucapan selamat, jeruk mandarin, dan angpao pun merupakan elemen penting yang tak boleh terlupakan. Selain pernak-pernik khas Imlek tersebut, hal yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas, tampilan, dan dekorasi rumah. Nah, berikut beberapa hal yang tak boleh ketinggalan untuk mempersiapkan rumah agar menjadi tempat silahturahmi yang nyaman dan indah.

1. Rumah yang bersih & nyaman

Sebelum hari H, pemilik rumah biasanya akan melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh. Saatnya membersihkan bagian rumah yang jarang terjangkau seperti plafon, dinding bagian atas, dan belakang kabinet/ perabotan. Dalam tradisi masyarakat Tionghoa, membersihkan rumah merupakan upaya membuang segala keburukan dan hal negatif yang menghalangi datangnya keberuntungan. Tradisi bersih-bersih rumah biasanya dilakukan beberapa hari sebelum hari H. Membersihkan rumah pada hari imlek dianggap tabu karena dapat membuang keberuntungan yang seharusnya diperoleh di hari tersebut.

2. Pastikan AC & alat elektronik berfungsi efektif dan maksimal

Tahun baru Imlek merupakan momen perkumpulan seluruh anggota keluarga. Perayaan ini menjadi ajang berbagi, bersilahturahmi, serta berbagi cerita selama satu tahun.  Nah, sebagai tuan rumah, pastinya anda ingin momen penting ini berjalan lancar, nyaman, dan tanpa gangguan, bukan? Bayangkan jika tiba-tiba AC rumah bermasalah atau AC tidak dingin saat seluruh keluarga tengah berkumpul. Pastinya, hal ini akan mengganggu kenyamanan tamu dan juga diri anda.Nah, pastikan bahwa AC dan kipas angin anda berfungsi secara maksimal dan dapat menyejukkan ruangan perkumpulan keluarga nantinya.

3. Pengecatan & penggantian perkakas baru

Kebanyakan orang-orang akan melakukan dekorasi dan renovasi berskala kecil seperti pengecatan dan penggantian perkakas untuk mempercantik rumah menjelang Imlek. Pengecatan dinding, pintu, dan jendela merupakan langkah cepat namun efektif dalam upaya meningkatkan kualitas hunian.

4. Kue & makanan lezat khas Imlek

Hari raya apapun pastinya kurang lengkap tanpa kehadiran makanan wajib perayaan tersebut. Untuk tahun baru Imlek, kue keranjang dan kue lapis legit merupakan santapan khas yang tidak hanya enak, namun juga memiliki arti. Selain itu, kue-kue kering seperti kue bangkit dan kue nastar juga merupakan santapan favorit di hari raya Imlek.

5. Rapikan taman agar tampak indah

Bagi anda yang memiliki taman, saatnya untuk merapikan dan memperindahnya. Cabut rumput liar, rapikan rumput dan pot tanaman anda. Sebuah studi menyatakan bahwa kehadiran taman dan tanaman hidup dapat meningkatkan mood dan energi positif loh! Tidak perlu terlalu besar, anda dapat memanfaatkan sudut kecil atau balkon rumah anda untuk menciptakan taman minimalis kecil.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us