Rumah Nyaman Tidak Harus Mahal

On 2019-02-11, in Info, by editor

Memiliki rumah nyaman tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi bagi pasangan muda yang baru saja membentuk keluarga baru. Namun, kadang kala hal itu terhalang oleh minimnya budget yang dimiliki, sementara semakin hari keadaan dan tuntutan ekonomu semakin membumbung tinggi. Apa yang harus dilakukan? Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengkonsep sebuah rumah nyaman tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Rumah Nyaman adalah Rumah Sehat

Rumah nyaman tentu saja sehat untuk ditinggali dan memenuhi beberapa persyaratan sebagai rumah ideal bagi keluarga. Untuk mendapatkan rumah nyaman serta sehat maka rumah harus dibangun dengan memenuhi dua kategori, yaitu nyaman secara fisiologis dan nyaman secara psikologis.

Dari segi kesehatan fisiologis, sebuah rumah yang nyaman harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti mampu memberi rasa aman, dan melindungi dari gangguan cuaca, binatang buas atau hawa buruk. Jadi, rumah nyaman tentu harus memiliki konstruksi bangunan yang kuat, material bahan bangunan aman serta berkualitas baik, pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, tersedia sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan yang sehat, bersih, hijau dan tentu saja aman. Sedangkan dari sisi psikologis rumah tentu harus mampu memberikan rasa aman, rileks dan tenteram bagi penghuninya.

Untuk mendapatakn rumah yang nyaman sekaligus sehat dan tentu saja dengan biaya hemat, maka dua unsure tadi haruslah terpenuhi secara maksimal. Dari segi fisiologis, kami akan memberikan tips kepada Anda bagaimana memilih area rumah yang nyaman, sehat, mengelola lingkungan agar terasa nyaman serta bagaimana mendesain rumah sehat dengan biaya hemat. Sedangkan dari segi psikolohis, maka kami akan memberikan tips untuk memilih elemen-elemen yang menciptakan sebuah rumah nyaman tanpa banyak mengeluarkan biaya mahal.

Unsur Fisiologis Rumah Nyaman yang Tak Mahal

- Memilih Lingkungan Sehat

Dilihat dari segi lokasi, rumah nyaman tentu saja berada dalam lingkungan yang hijau, sehat, bersih dan memiliki iklim dan temperatur yang ideal. Maka dari itu, semakin alami sebuah lingkungan, biasanya semakin baguslah suhu, sirkulasi udara, serta pencahayaannya. Namun karena tuntutan hidup yang padat dan tinggi bagi manusia modern membuat kita seringkali mengabaikan lingkungan alami yang biasanya ada di daerah pedesaan untuk tinggal pada daerah yang dekat dengan lingkunga kerja, fasilitas umum yang penting, akses dan materialistis. Tapi untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan sehat sebaiknya Anda berupaya agar mendapatkan lingkungan yang baik dan hijau.

- Iklim Tropis Menguntungkan

Beruntung sekali kita bisa tinggal di negara beriklim tropis, iklim tropis hanya mengenai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Iklim tropis kaya akan sinar matahari dan memiliki curah hujan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, di sisi lain kelembapan yang dimiliki oleh iklim tropis cukup tinggi yaitu sekitar 80%. Suhu udara juga bisa mencapai 30 derajat lebih. Sehingga diperlukan beberapa trik khusus untuk menciotakan iklik yang ideal di dalam rumah Anda. Caranya antara lain adalah dengan mengolah rancangan atap rumah, dinding, jendela dengan cermat serta memilih material bahan yang tepat untuk mengurangi kelembapan dan menurunkan suhu udara.

Unsur Psikologis Rumah Nyaman Tanapa Biaya Mahal

Material yang nyaman digunakan dan baik bagi kesehatan penghuni rumah adalah yang memenuhi persyarata berikut ini, pertama bersifat isolator, menyimpan panas dan tidak menghantarkan panas, kedua, dapat mengindari kondensasi atau biasa kita sebut sebagai proses pengembunan.

Denga memenuhi dua unsure tersebut maka rumah yang nyaman untuk ditinggal tidak harus dihiasi dengan ornament lain yang mahal. Anda kini bisa lebih praktis menghitung berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk rumah yang nyaman namun sehat. Demikian tips singkat dari kami, semoga bermanfaat.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us