Penggunaan Peredam Panas Di Atap Rumah

On 2019-05-20, in Info, by editor

Definisi hunian idaman tidak hanya diukur dari penampilan luar, dalam maupun luasnya saja. Namun hunian tersebut juga harus dapat memberi kenyamanan untuk anggota keluarga yang tinggal didalamnya. Terkait dengan soal kenyamanan, tak jauh dengan terjaganya kestabilan suhu ruangan terlebih saat musim kemarau melanda. Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini suhu udara terasa sangat menyiksa pada siang hari. Selain dengan lingkungan yang cenderung kurang baik dalam mengelola panas matahari, gaya hidup modern juga dapat memperburuk pemanasan suhu lingkungan.

Oleh karena itu, rumah sebagai tempat tinggal harus sanggup memberikan perlindungan dari teriknya sinar matahari. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan suhu di sepanjang tahun rata-rata di kisaran 28°C-35°C. Suhu ini sudah terasa panas, belum lagi ketika siang hari musim kemarau dengan suhu udara yang bisa menyentuh 35°C lebih. Bagi sebagian orang, agar tetap memberikan kenyamanan saat panas melanda cukup dengan memasang pendingin udara untuk menghadirkan nuansa sejuk. Meskipun demikian, sebenarnya terdapat satu cara praktis, cepat, dan hemat yang dapat menurunkan suhu atap rumah yaitu dengan pemasangan peredam panas pada atap rumah.

Peredam panas atap rumah atau ruangan atau yang sering dikenal dengan insulasi panas, adalah bahan yang dipergunakan untuk menjaga agar suhu ruangan tetap stabil sehingga kita merasa nyaman di dalam ruangan. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pastinya dalam membeli produk peredam panas pun sebaiknya tidak dilakukan secara asal. Biasanya agen yang mengerjakan atap akan memberikan rekomendasi alumunium foil atau peredam panas yang sesuai untuk kebutuhan bangunan Anda.

Macam-Macam Bahan Peredam Panas

Nah berikut ini 4 macam bahan peredam panas terbaik yang dapat anda pilih agar rumah Anda sejuk. Yang pastinya setiap macam bahan tersebut memiliki kelebihan yang berbeda.

1. Aluminium foil

Aluminium foil dapat menahan radiasi dari sinar UV dengan cara memantulkannya kembali.Oleh karena itu penggunaan bahan ini sangat cocok digunakan untuk rumah beratap seng.

Berikut ini kelebihan dari aluminium foil:

a) Lebih kuat, tahan air, dan elastis

b) Mampu memantulkan kembali radiasi hingga 97%, jadi sangat efektif digunakan untuk peredam panas atap rumah.

c) Sekaligus sebagai pelindung plafon rumah. Plafon rumah tidak akan mudah rusak dan kotor karena sudah terlapisi oleh aluminium foil.

d) Lebih ramah lingkungan. Bahannya yang aman dan awet menjadikan aluminium foil tidak mencemari rumah dan udara.

e) Praktis. Proses pemasangan yang tidak rumit membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

Dan tak usah khawatir untuk membeli aluminium foil sangatlah mudah karena banyak dijual di pasaran dengan harga cukup bervariasi. Sekarang Anda bisa membelinya lewat toko online juga. Anda dapat memilih aluminium foil yang memiliki kualitas bagus dengan harga yang terbaik untuk hunian anda.

2. Panel Styrofoam

Styrofoam adalah panel penyekat berbahan plastik dengan bentuk butiran yang dirapatkan dan berisi udara. Styrofoam biasa kita jumpai dalam bentuk wadah makanan, pelindung barang elektronik atau sebagai barang berbahan kaca. Dengan perkembangan teknologi, Styrofoam diubah menjadi bahan penyerap panas terbaik. Selain digunakan untuk atap, juga bisa untuk melapisi lantai keramik atau marmer. Biaya yang harus Anda keluarkan cukup ekonomis, baik untuk membeli panelnya ataupun untuk biaya pemasangannya karena mudah dan praktis. Kriteria Styrofoam seperti ukuran dan ketebalan sangat bervariasi. Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

3. Polyester

Polyester memiliki banyak jenis. Ada yang digunakan untuk membuat bahan pakaian, botol minuman, atau yang lainnya. Polyester yang digunakan sebagai bahan penyerap panas terbaik adalah Polyester jenis R3.5 yang memiliki efektivitas tinggi untuk bisa menyerap panas. Jenis ini biasanya banyak digunakan di gedung-gedung fasilitas umum.

Bahannya yang ringan dan lebih ramah lingkungan, membuat peredam panas atap rumah ini menjadi banyak dipilih meski harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainnya. Pastikan bahwa Anda membeli produk yang tepat yang tidak membuat iritasi di kulit karena bahan kimianya. Bisa juga digunakan untuk melapisi dinding dan lantai.

4. Polyurethane Foam

Foam ini bukanlah foam biasa, melainkan cairan polyurethane yang berbentuk seperti foam agak padat yang berfungsi untuk penahan panas. Insulasi modern yang bermanfaat disegala musim. Bahan penyerap panas terbaik ini cocok untuk semua jenis atap, baik seng, beton, kayu, asbes, genteng, metal, dll. Cara pemakaiannya juga sangat muda. Tinggal menyemprotkannya secara merata ke seluruh lapisan atap bagian luar.

Kelebihannya, selain sebagai insulasi juga tidak mudah luntur apabila terkena air, sangat ringan, tidak memerlukan perawatan, multifungsi, dan lebih dapat menutupi semua celah atap. ketika musim hujan datang, Anda tidak perlu khawatir kedinginan di dalam rumah karena Polyurethane Foam akan menghangatkan suhu ruangan dan akan mendinginkan suhu ruangan saat musim kemarau atau saat terik.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us