Penyebab Atap Genteng Bocor dan Cara Mengatasinya

On 2020-02-03, in Info, by editor

Ada banyak jenis-jenis atap rumah yang saat ini bisa anda pilih sesuai dengan pilihan anda. Pilihlah jenis atap rumah yang tentunya bisa memberikan kenyamanan anda untuk bertenduh. Contohnya saja atap yang benar-benar kuat, tahan lama, dan tidak mudah menyebabkan kebocoran. Penyebab atap genteng bocor  sangat beragam seperti tertimpa benda keras ataupun karena usianya yang sudah tua. Rumah yang aman dan nyaman memang dambaan dari setiap orang. Tetapi ada saja yang terjadi di dalam rumah yang dapat mengurangi tingkat kenyamanan kita. Apalagi kalau musim hujan sudah tiba. Atap bocor bisa menjadi masalah serius yang harus dihadapi setiap hujan datang. Terkadang, karena hujan tidak kunjung berhenti sampai malam tiba, akhirnya tidur sambil mendengarkan rintikan air menetes dari atap. Tidak nyaman bukan? Lalu bagaimana mengatasi permasalahan atap genteng yang bocor terus menerus ini? Pertama-tama perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dari genteng yang bocor, setelah itu baru bisa diatasi penyebabnya.

Ada beberapa penyebab genteng yang bocor, dan bisa dibagi berdasarkan jenis gentengnya.

1. Atap genteng yang ada tidak pada posisi yang benar alias melorot

Bahan bahan dalam membangun rumah tentunya haruslah diperhatikan, terutama genteng. Genteng yang sudah melorot menjadi penyebab utama dari kebocoran atap saat hujan tiba. Penyebab genteng yang melorot diantaranya adalah angina kencang yang terjadi secara terus menerus, ataupun adanya banyak rimbunan sampah yang jatuh dan menyelip di antara satu genteng dan genteng lainnnya. Penyebab lainnya yang mungkin terjadi adalah posisi saat memasang genteng yang kurang pas. Kemiringan dari atap yang terlalu curam dan juga tuanya dudukan genteng yang sudah melapuk juga menjadi penyebabnya.

Solusi atap rumah bocor dikarenakan genteng yang melorot adalah dengan cara membersihkan bagian genteng, khususnya pada sela-sela antar genteng. Selain itu, genteng juga perlu diposisikan kembali ke tempatnya. Untuk permasalahan kayu yang sudah lapuk, tentunya harus mengganti kayu tersebut dengan yang baru.

2. Retaknya Genteng atau Adanya Genteng yang Pecah

Hal ini bisa saja terjadi apabila genteng yang digunakan merupakan genteng yang kualitasnya kurang baik. Hal ini juga bisa terjadi apabila genteng terkena benturan keras. Tuanya usia genteng dan sudah melewati berbagai macam cuaca juga dapat menyebabkan genteng menjadi rapuh dan pecah. Khususnya kalau berada di lokasi dengan kondisi cuaca yang ekstrem, sedikit-sedikit panas, sedikit-sedikit dingin. Pasti sangat berpengaruh dengan kondisi genteng. Cara mengatasinya hanya satu, yaitu dengan mengganti genteng dengan genteng yang baru.

3. Kerusakan Pada Bubungan Wuwung

Apa itu bubungan wuwung? Bubungan wuwung adalah bagian dari atap genteng yang bentunya menyerupai huruf U dan terletak pada puncak dari atap rumah. Adanya kerusakan pada bubungan wuwung merupakan masalah besar dan sulit untuk diatasi. Untuk itu yang harus anda ketahui bagaimana cara memasang baja ringan pada atap rumah.

Bubungan wuwung yang retak bisa diatasi dengan menggunakan semen putih dan lem fox yang digunakan untuk menambal retakan. Tetapi apabila yang terjadi adalah kerusakan parah dari bubungan wuwung, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

Selain hal tersebut ada beberapa penyebab lainnya yang harus anda waspadai :

- Angin kencang yang dapat menggeser atap

- Gempa

- Adanya pengecoran jalan di sekitar rumah

- Adanya renovasi di sekitar rumah yang menyebabkan atap tertimpa

Itulah tiga penyebab dari atap genteng yang bocor beserta cara memperbaikinya. Selalu cek kondisi rumah, dan sediakan budget untuk merawat rumah agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us