Kenali Sumber Masalah dan Solusi Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

On 2020-06-22, in Info, by editor

Genting/genteng adalah salah satu rangka vital dari atap rumah Anda. Jika dalam proses pemasangan atau konstruksi atap rumah dari awal sudah salah, maka bersiaplah mendapatkan berbagai masalah yang akan muncul nantinya. Masalah pada genting rumah biasanya baru dapat Anda ketahui setelah hujan turun. Jika pemasangan dan pemilihan genting tidak benar, bersiaplah untuk mendapatkan masalah kebocoran yang akan ditimbulkannya. Jika bocor hadir, maka jangan hera jika furnitur di rumah Anda juga akan cepat mengalami kerusakan. Untuk itu kenali penyebab dan juga solusi masalah pada genting berikut ini:

Salah Rancang

Tahukah Anda jika kemiringan ideal atap rumah adalah dengan sudut kemiringan antara 30 hingga 40 derajat? Kemiringan ini merupakan tingkat ideal agar air dapat mengalir lancar ke bawah tanpa masuk melalui celah-celah kecil di atap rumah Anda. Jika atap rumah Anda di desain dengan tingkat kemiringan di bawah atau di atas standar, maka bersiaplah menanggung risikonya. Kemiringan atap yang tidak ideal pada akhirnya akan mengakibatkan genting rumah menjadi turun sehingga saat air hujan turun, air akan masuk melalui celah-celah kecil di atap rumah atau yang disebut dengan kebocoran. Lantas bagaimana solusinya jika atap Anda sudah terlanjur jadi dengan kemiringan yang tidak ideal?

Langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan pelindung berupa alumunium foil, plastik tebal ataupun karpet yang harus Anda pasang tepat di bawah genteng dan di atas reng. Ini hanya merupakan solusi sementara saja. Untuk solusi jangka panjangnya, maka Anda dapat melakukan renovasi dengan mengubah sudut kemiringan tersebut sesuai dengan syarat idealnya. Jangan lupa untuk memilih jenis atap yang tahan bocor terhadap air juga.

Pemasangan Genting yang Ceroboh

Pastikan tukang pasang genting Anda memang ahli, bukan amatiran yang baru bekerja. Hal ini agar genting rumah Anda dapat terpasang dengan rapi dan sempurna. Karena jika pemasangan genting Anda salah, maka akan menimbulkan rongga pada genting, sehingga air hujan bisa menyelinap masuk melalui rongga tersebut dan pada akhirnya akan menimbulkan kebocoran.

Bukan hanya pemasangan genting yang ceroboh saja yang bisa menyebabkan rongga di atap rumah. Faktor karena angin besar atau pergerakan hewan seperti kucing bisa menyebabkan posisi genting menjadi berubah. Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan merapikan atau menyusun kembali genting ke posisi yang benar, sehingga tidak terdapat rongga lagi pada atap rumah Anda.

Genting Sejenis Sudah Tidak Dijual Lagi di Pasaran
Untuk menghemat pengeluaran, biasanya kebanyakan orang akan mengganti gentingnya dengan jenis yang sama. Genting lama yang masih bagus bisa dipakai dengan dikombinasikan dengan penggunaan genting baru sejenis yang baru dibeli. Namun bagaimana jadinya jika jenis genting ini sudah tidak dijual lagi di pasaran? Solusinya adalah Anda bisa mengakalinya dengan mengganti genteng-genteng yang diperlukan dengan material serat kasa seukuran dengan bidang genting. Kemudian olesi saja dengan waterproofing yang ada.

Nah, sekarang Anda bisa mengatasi masalah kebocoran di rumah Anda bukan? Semoga tidak bocor lagi!

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us