Cara Memasang Atap Genteng Metal

On 2020-09-07, in Info, by editor

Genteng metal adalah genteng yang terbuat dari bahan metal zincalume yang ringan namun kuat dan tidak membebani konstruksi bangunan. Penggunaan genteng metal sudah semakin umum digunakan. Bukan hanya jenis bangunan kantor atau gedung-gedung modern saja bahkan bangunan rumah tinggal pun sudah banyak yang menggunakan genteng tersebut. Salah satu pertimbangan yang banyak diperhitungkan dalam penggunaan genteng metal adalah karena bobotnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan genteng jenis lain.

Jenis-Jenis Genteng Metal

Secara umum genteng metal terdiri dari dua jenis yaitu genteng metal polos/colour dan genteng metal pasir. Genteng metal polos memiliki ciri permukaan yang halus dan lebih mengkilat sedangkan genteng metal pasir memiliki permukaan yang kasar. Kelebihan dan kekurangan genteng metal itu juga berbeda sesuai jenisnya. Untuk genteng polos misalnya lebih terlihat elegan dengan warna yang mengkilat sedangkan genteng metal pasir dapat meredam suara berisik.

Keunggulan dari Genteng Metal sbb:

- Kerangka atap apa saja bisa dikombinasikan dengan jenis genteng ini.

- Ringan, sehingga pemasangannya mudah dan menghemat waktu.

- Ekonomis, dari sisi harga lebih murah dibandingkan dengan genteng beton.

- Dilapisi bahan anti karat

- Menggunakan bahan anti pecah jadi lebih aman dari kebocoran.

- Dilapisi bahan anti lumut sehingga tidak perlu khawatir untuk mengecat ulang yang tentunya memerlukan biaya tambahan.

Kelemahan Dari Genteng Metal

- Lebih berisik jika turun hujan dibandingkan dengan genteng jenis lain, karena jenis genteng ini terbuat dari metal yang ketebalannya tidak lebih dari 5 mm. Tetapi jika memilih jenis genteng metal batuan maka dapat mengurangi kebisingan.

- Suhu udara rumah yang memakai genteng metal lebih panas dibanding dengan jenis genteng lain. Untuk mengurangi panas, gunakan alumunium foil pada atap sebelum pemasangan genteng metal.

- Tidak tahan terhadap asam dan cuaca tropis seperti Indonesia dan tidak tahan lama.

- Mudah terjadi kebocoran jika tidak hati-hati dalam pemasangan.

Untuk memilih genteng metal yang baik untuk bangunan anda maka perlu diperhatikan pemasangannya agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Memasang Genteng Metal

Pemasangan genteng metal yang harus diperhatikan adalah bagian atas dan bawah. Genteng tidak bisa terbalik dalam pemasangannya sebab ada SOK nya. Sehingga pemasangan lembaran pada sayap kanan dengan pemasangan lembaran pada sayap kiri sama.

Cara Pemotongan Genteng Metal :

Pemotongan hanya dapat dilakukan dengan memakai gunting besi. yang dipotong hanya bisa dilakukan untuk bagian atas genteng dimana gording terpasang nantinya.

Cara Memasang NOK Genteng Metal :

Sudut kemiringan atap genteng metal yang ideal adalah 20-30 Derajat, pengikatnya adalah dengan paku ulir tepat di atas sayap nok bagian samping.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us