Kelebihan dan Kekurangan Konstruksi Baja Ringan

On 2020-09-28, in Info, by editor

Mengganti konstruksi atap yang terbuat dari kayu dengan konstruksi baja ringan tentunya sangat memungkinkan. Saat ini siapa yang belum mengenal baja ringan? Sebuah rangkaian yang biasa digunakan untuk atap yang terbuat dari baja dengan bobot yang sangat ringan. Walaupun ringan, namun kita tidak perlu merasa khawatir, bahan atap ini kuat karena terbuat dari bahan baja. Tentu saja kondisi ini tidak dapat dibandingkan ketika kita menggunakan rangka dari kayu.

Kelebihan & Kekurangan Konstruksi Baja Ringan

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan ketika kita menggunakan  konstruksi baja ringan dibandingkan dengan kayu :

Dari segi kelebihan, konstruksi atap yang terbuat dari baja ringan ini cenderung lebih kuat dan harganya lebih murah. Karena terbuat dari bahan yang ringan, maka tidak akan terlalu membebani atap rumah. Berbeda ketika kita menggunakan rangka dari kayu, bobot kayu cenderung berat, dan tentu saja hal itu sedikit membebani atap rumah. Sedangkan dari segi pemasangan, konstruksi baja ringan ini cepat untuk dipasang. Baja ringan juga tahan akan api, sehingga tidak akan memicu kebakaran, dan juga tidak akan menyebarkan kebarakan.

Kelebihan lainnya, karena terbuat dari baja, maka bahan ini tidak akan dimakan oleh rayap, berbeda ketika kita menggunakan rangka dari kayu, yang tentu saja harus diganti untuk jangka waktu tertentu, dan juga sering dimakan oleh rayap. Sedangkan dari segi kekurangannya, rangka atap dari baja ini, berupa batangan, yang harus kita hitung dengan baik, jika salah menghitung, maka rangka atap akan berlubang, atau tidak tertutup sempurna. Cara menggunakan rangka dari baja ini juga membutuhkan seseorang yang ahli dalam memasang rangka dari baja, jika salah, maka rangka tidak akan bertahan dengan baik.

Cara Menggunakan Konstruksi Baja Ringan

Cara menggunakan konstruksi atap  baja ringan memang tidak mudah, berbeda ketika kita menggunakan rangka atap dari kayu. Ketika kita menggunakan rangka atap dari kayu maka kita dapat mengukur dan menghitungnya, kemudian menempelkanya pada rangka atap. Berbeda ketika kita membuat rangka atap dari baja ringan. Membutuhkan perhitungan khusus, agar tepat dan pas untuk rangka rumah.

Jika salah perhitungan maka rangka atap tidak akan berdiri dengan baik. Sedangkan untuk bagian genting ada baiknya tidak menggunakan genting yang terbuat dari bahan tanah liat, agar tidak terlalu membebani atap, gunakan saja genteng yang terbuat dari bahan metal. Tersedia berbagai macam warna yang dapat kita pilih dan disesuaikan dengan warna cat rumah. Sedangkan untuk bagian dalam ada baiknya jika menggunakan plafon. Terdapat berbagai macam bentuk dan desain plafon yang dapat kita sesuaikan dengan desain interior atau konsep rumah atau kantor yang sedang dibuat. Jika Anda ingin memesan konstruksi baja ringan ini sebaiknya menghubungi Rainbow 021-55658080 atau wa 081380808089.

Clearance PromotionBuy NowSpecial DiscountPromo Decra
Order Now Informasi tehnik Join Us