22 April 2024

3 Tips Mengatasi Masalah Genteng Metal yang Bocor

Atap yang bocor dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah penghuni rumah tidak mampu merawat atap dengan baik. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba memperbaiki genteng metal sendiri, simak tips di bawah ini:

 

1. Temukan penyebab dan sumber kebocoran

Pada kasus genteng bocor, penyebab kebocoran dapat disebabkan berbagai hal, antara lain pemasangan yang kurang tepat, genteng penyok akibat terinjak, genteng yang berlubang hingga kemiringan atap terlalu landai.

 

2. Perbaikan atap

Rapikan susunan lembaran genteng dan memakunya dengan kuat dan rapi. Bila sumber kebocoran berasal dari sekrup yang terpasang di genteng, maka dapat diatasi dengan pemberian sealant pada sekrup agar air tidak merembes masuk.

 

3. Pemantauan setelah perbaikan atap

Pemantauan perlu dilakukan pada saat hujan untuk dapat menilai apakah perbaikan berhasil mengatasi kebocoran atau tidak. Bila masih ditemukan kebocoran, Anda perlu melakukan pemeriksaan kembali dengan lebih rapi dan teliti.

 

Anda sebaiknya hanya membeli genteng metal dengan kualitas yang baik seperti genteng metal Rainbow. Kualitas genteng yang Anda beli ikut mempengaruhi ketahanan genteng terhadap cuaca. Pastikan Anda membeli kebutuhan atap di Rainbow Roof. Selamat mencoba!