17 April 2024

Tak Hanya Melindungi, Atap-atap Ini Juga Bisa Jauhkan Pemilik Rumah dari Hal Mematikan

Atap memang memiliki peranan penting pada rumah. Ia bertugas untuk melindungi pemilik rumah dari panasnya matahari hingga guyuran hujan. Ya meskipun beberapa tempat tinggal masih mengalami kebocoran di saat hujan terlalu deras. Mungkin itu yang kita ketahui tentang tugas atap selama ini. Tapi, jangan salah, kalau sebenarnya ada beberapa atap yang bisa melindungi tuan rumah dari hal mematikan lho. Kalau tak percaya, mari tengok ulasan berikut ini.

 

Mewarnai atap dengan nuansa putih

Pelindung atas rumah yang kerap kita lihat hanya berwarna merah maroon atau pun coklat. Nah, kali ini sepertinya kita harus mengubah warna dari atap rumah deh. Yaitu dengan warna putih. Memang sih kalau kita pikir-pikir warna tersebut bisa cepat kotor apabila sudah terkena debu sedikit. Tapi jangan salah, warna ini ternyata mampu mencegah terjadinya gelombang panas. Hal ini dibuktikan dari studi yang dipublikasikan di Environment International, bahwa atap putih bisa menurunkan suhu hingga 3 derajat celcius. Dikarenakan warna putih dapat memantulkan panas kembali ke luar angkasa. Jika hal tersebut dilakukan oleh penduduk di seluruh dunia, pasti suhu tidak akan terlalu dingin atau panas.

 

Atap go green yang tidak timbulkan penyakit bagi pemilik rumah

Mungkin sudah banyak yang tahu dengan asbes jika berbahaya bagi pemilik rumah karena timbulkan beberapa penyakit. Ini semua karena asbes mengandung fiber beracun di dalamnya. Tapi, Anda tak perlu khawatir dengan ini semua. Pasalnya saat ini telah ada terobosan baru pengganti asbes bernama Atap Go Green. Ya, sesuai dengan namanya, atap ini tidak menimbulkan efek berbahaya sedikit pun bagi pemilik rumah atau alam. Disebabkan bahan-bahannya terbuat dari formula baja ringan yang ramah lingkungan. Bahkan, atap go green ini juga mempunyai beberapa kelebihan seperti anti karat, terdapat lapisan untuk meredam sinar ultraviolet dan harganya pun juga lebih murah.

 

Menggunakan insulasi pada atap

Supaya enggak kepanasan di dalam rumah, kita bisa gunakan sebuah benda peredam. Benda tersebut dikenal dengan nama insulasi. Ia adalah primadona peredam panas yang biasa digunakan di bangunan-bangunan besar. Seperti gedung bertingkat atau pabrik. Namun, tak masalah kok kalau kita ingin menggunakannya di rumah. Anda bisa membelinya di toko bangunan atau online shop dengan beragam jenis. Yaitu aluminium foil, glasswool dan bubble foil. Tapi perlu diingat ya, sebelum memasang insulasi pada atap, kalian juga harus mempertimbangkan banyak hal. Contohnya bentuk atap dan banyaknya insulasi yang dibutuhkan.

 

Itulah atap-atap beserta propertinya yang berfungsi untuk menyehatkan pemilik rumah. Tak hanya bikin rumah adem, tapi juga menghindari gelombang panas yang bisa datang sewaktu-waktu. Dan juga menghindari pemilik rumah terkena penyakit seperti asbestosis yang biasanya dihasilkan oleh asbes. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?