26 February 2024

Cegah Kebocoran, Tilik Masalah dan Solusi Atap yang Wajib Diketahui

Atap bocor tak bisa dibiarkan berlarut-larut karena akan merembet menjadi penyebab kerusakan pada bagian rumah lainnya. Agar terhindar dari kebocoran atau rembes pada atap, simaklah beberapa hal berikut ini.

 

Gunakan genteng berkualitas baik

Gunakan genteng yang dapat dipasang dengan sempurna tanpa celah. Karena genteng yang baik biasanya dapat saling bertumpu dan saling mengunci antara satu genteng dengan lainnya. Percayakan pula pemasangannya pada tukang yang berpengalaman.

 

Pasanglah talang dengan tepat

Perhatikan jurai dengan baik untuk mengarahkan air hujan dari atap ke tanah. Pilihlah talang dengan ukuran dan bentuk yang sesuai sehingga tidak menghambat kelancaran air.

 

Lengkapi penutup atap dengan aksesoris

Masalah kebocoran biasanya berawal dari banyaknya sambungan pada atap. Inilah yang menjadi salah satu pangkal kebocoran. Pilihlah aksesoris yang tepat untuk mengatasi masalah kebocoran dan retak.

 

Aplikasikan waterproofing

Waterproofing tiap sambungan pada nok dan talang karena di sanalah masalah bocor berpangkal. Lapis pertama waterproofing diencerkan dengan air agar lebih menyatu dengan permukaan yang dilapisinya. Lapis kedua dan ketiga waterproofing tanpa campuran.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai solusi untuk mncegah kebocoran pada atap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!