18 March 2024

Atap Rumah Aman, Hati Tenang

Sebagai garda teratas, atap haruslah terpasang dan terawat dengan baik. Kenali masalah-masalah yang kerap terjadi pada atap agar bisa segera Anda atasi. Jika Anda memeriksa atap sedari awal, beberapa kerusakan umum berikut ini bisa dikenali.

 

Atap kurang miring

Kemiringan atap yang ideal adalah sekitar 30-40o. Terkadang demi alasan desain yang kekinian, atap rumah sengaja dibuat melandai sehingga aliran air hujan tidak lancar. Genangan air bisa menyebabkan rembesan air dan kebocoran.

 

Genteng tidak pas

Sebaiknya pilih genteng dari bahan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga kuat dan awet seperti genteng metal Rainbow. Bahan atap yang bermutu akan meminimalkan risiko ukuran yang tidak pas atau kerusakan yang bisa memicu kebocoran.

 

Faktor usia

Bila usia rumah dan material yang digunakan untuk membangun rumah sudah berusia lebih dari 30 tahun dan beberapa bagian atap mengalami kerusakan, sebaiknya segera diganti agar rumah berdiri kokoh dan tidak membahayakan penghuni di dalamnya.

 

Terjangan hujan

Genteng rusak akibat hujan disertai angin kencang dan pohon roboh menimpa rumah sangat mungkin terjadi. Pencegahannya adalah menanam pohon minimal 7 meter dari rumah dan segera perbaiki bila atap rumah mengalami kerusakan karena hujan.

 

Masalah saluran air

Kebocoran atap gara-gara masalah saluran air atau talang air biasanya akibat ukuran talang air yang tidak pas, sambungan yang renggang, dan kondisi talang air yang sudah aus. Untuk itu, Anda pun perlu memeriksa kondisi saluran air secara berkala.

 

Sebenarnya, ada langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan. Misalnya, melakukan pengecekan atap sebelum musim hujan tiba, termasuk bagian talang dan saluran air. Anda pun bisa meluangkan waktu yang cukup untuk membenahi atap sebelum hujan menerjang. Semoga bermanfaat.