19 February 2024

Atap Rumah Kita Biar Tidak Roboh, Di Lihat Dari Sudut Baja Ringan

Konstruksi Baja Ringan tidak hanya bisa menggantikan fungsi dari kayu tetapi juga banyak manfaat yang bisa di dapat menggunakan baja ringan ini baik untuk konstruksi atau sekedar untuk pelengkap dari interior bangunan anda. Untuk konstruksi sudah jelah baja ringan lebih efisien dan hemat di bandingkan dengan konstruksi kayu. Selain lebih mudah cara pemasangan untuk kuda-kuda atap baja ringan juga lebih cepat selesai untuk kuda kuda atap.

Selain untuk konstruksi kuda kuda pada atap rumah atau bangunan yang lainnya baja ringan juga bisa di gunakan untuk tulangan partisi yang menggunakan dinding dari gypsum. Pada rangka dinding ini baja ringan berfungsi sebagai tiang atau kolom yang menahan dinding gypsum agar tetap berdiri pada posisi yang di rencanakan. Dengan menggunakan baja ringan bisa menjadi alternatif lain untuk membuat partisi yang sementara tetapi rapi dan kuat pemasanganya. Setelah mengetahui kelebihan dan manfaat dengan mneggunakan baja ringan dibanding dengan mengguanakan material yang lainnya.

Langkah selanjutnya yaitu memilih baja ringan ayang ada di pasaran. Banyak material toko atau toko besi banyak menjual baja ringan tetapi tingkat ketebalan yang berbeda beda. Semakin berat beban yang harus di tahan oleh baja ringan semakin tebal juga baja ringan yang kita beli. Informasi ini perlu kita pahami agar nantinya genteng rumah kita tetap kokoh dan tidak rubuh. Jangan sampai kita menggunakan atap genteng beton flat kita menggunakan ketebalan yang di pakai untuk genteng Rainbow yang berat bebannya tidak seberapa.

Cara pemasanganya pun harus disesuaikan juga dengan beban genteng. Semakin berat beban atapnya semakin kecil jarak kuda kuda baja ringannya. Standar untuk jarak kuda kuda adalah 1.2 meter jika semakin berat jarak kuda kuda baja ringan harus lebih kecil dari itu.

Selain itu juga pola dari kuda-kuda baja ringan juga sangat penting. karena baja ringan kuat terhadap gaya tarik maka perhitungan untuk baja ringan harus teliti dan tepat.