4 March 2024

Memilih Kanopi Rumah Minimalis : Baja Ringan atau Besi?

Kanopi rumah saat ini telah menjadi kebutuhan yang utama. Hampir setiap rumah memiliki kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor, yang notabene membutuhkan perlindungan berupa atap yang menaunginya. Seyogyanya atap kanopi memiliki konstruksi yang kuat dan kokoh, awet dan berdaya tahan tinggi. Konsumen harus pintar dan bijak dalam memilih material kanopi untuk rumah mereka, sehingga mutlak bagi mereka untuk mengetahui seluk beluk setiap material pembentuk kanopi untuk dapat membandingkan dan memilih yang sesuai kebutuhan.

 

Untuk konsep rumah minimalis, pastinya konsumen juga akan memilih kanopi minimalis agar match dan tercipta estetika yang bernilai tinggi. Dua material kanopi yang saat ini menjadi favorit adalah besi dan baja ringan. masing-masing memberikan tampilan kanopi yang minimalis dan cantik. Namun apakah yang mebedakan di antara kedua bahan tersebut? Berikut akan kami bahas satu persatu mengenai kelebihan dan kekurangan dari kanopi besi dan kanopi baja ringan.

 

Kanopi Besi

Kanopi ini menggunakan besi hollow (besi pipa) sebagai rangkanya. Konstruksi kanopi besi cukup sederhana dan mudah memasangnya. Secara kekuatan terhadap angin dan gempa, kanopi besi memiliki kekuatan yang hampir sama dengan kanopi baja ringan.

Dari segi penampilan, karena ukurannya yang tebal memang akan terlihat lebih cantik daripada baja ringan yang lebih tipis. Kekurangannya adalah mudah berkarat, sehingga harus dicat dan dilakukan maintenance secara berkala.

 

Namun ada juga besi hollow galvanis, yang bersifat anti karat dan berwarna putih, otomatis harganya lebih mahal dari besi hollow biasa namun memang secara tampilan lebih indah. Pembuatan kanopi besi perlu pengelasan, dan biasanya dilakukan di workshop (tempat produksi), baru kemudian dibawa ke rumah konsumen.

 

Kanopi Baja Ringan

Tidak seperti besi yang tebal, rangka kanopi baja ringan ini sangat tipis, yaitu 0,6 – 1 mm saja. Dengan bobot yang sangat ringan dan tampilan yang “ringkih” tersebut bukan berarti baja ringan tidak lebih kuat daripada besi.

Baja ringan memiliki kekuatan high tensile G-550 Mpa, lebih kuat daripada baja biasa. Keunggulan yang lainnya adalah tahan karat, anti api, serta hampir tidak mengalami muai dan susut.

 

Dengan demikin dapat dikatakan bahwa kanopi baja ringan berumur lebih panjang daripada kanopi besi. Harga kanopi baja ringan sangat ekonomis, lebih murah dari harga kanopi besi. Ditambah lagi, kanopi baja ringan tidak membutuhkan perawatan seperti halnya pada kanopi besi, sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan. Untuk daerah yang rawan gempa, kanopi minimalis baja ringan adalah pilihan yang tepat.

 

Pada dasarnya kanopi besi dan kanopi baja ringan memiliki kekuatan yang hampir sama. Namun bagi Anda yang memiliki budget terbatas, memilih kanopi baja ringan adalah solusi terbaik. Dengan memilih kanopi baja ringan, tidak hanya Anda dapat berhemat di awal, namun juga sepanjang penggunaan, karena baja ringan tidak membutuhkan perawatan yang berarti. Model kanopi baja ringan cukup beragam, dengan pilihan rangka single atau double dan pilihan penutup atap mulai dari atap go-green, genteng metal hingga atap polycarbonate.

 

Jangan khawatir, kanopi baja ringan juga dapat tampil secantik kanopi besi, dengan menggunakan sambungan rekat berbentuk U dan didesain menjadi double. Satu hal yang penting adalah Anda harus memastikan bahwa pemasangan kanopi baja ringan telah sesuai dengan kaidah teknis, sehingga tidak ada bagian yang terkelupas atau tergores sehingga dapat memicu resiko terkena korosi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa pemasangan baja ringan yang profesional, demi mendapatkan hasil yang terbaik.